Supaya Jalan Tetap Awet Pemkab Seluma Akan Segera Pasang Portal

0

Seluma, dclick.id – Supaya jalan tetap awet dan mulus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma akan segera mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda). Perda tersebut mengatur tonase angkutan barang dan portal. Saat ini Perda Tonase Angkutan Barang dan Portal ini sudah didaftarkan ke Bagian Hukum Setda Seluma.

Kadis Perkim dan Hub Seluma, Erlan Suadi mengatakan dengan Perda ini berat atau tonase muatan mobil angkutan barang yang melintas di jalan kabupaten akan dibatasi, sesuai dengan kelas jalan tersebut.

“Kita ingin semua jalan yang sudah dibangun ini tetap awet dan terjaga. Jadi berat angkutan harus dibatasi sesuai dengan kelas jalannya,” terang Erlan, dikonfirmasi pagi ini (25/1/2022).

Dijelaskannya muatan melebihi tonase menjadi faktor utama penyebab rusaknya jalan. Ini harus ditertibkan, kendaraan angkutan barang yang melintas harus mentaati tanpa terkecuali.

“Selama ini jalan menjadi keluhan masyarakat. Sekarang mulai dibangun dengan program 1000 jalan mulus, jadi semua harus menjaga. Jangan sampai jalan yang telah dan baru dibangun rusak lagi,” jelas Kadisperkim dan Hub.

Semua jalan kabupaten adalah kelas III kata Erlan. Sesuai kelas, tonase yang dibolehkan hanya maksimal 8 ton. Melebihi tonase tersebut akan langsung berdampak pada jalan.

“Nanti juga akan kita pasang portal. Jadi kendaraan yang melebihi tonase tidak bisa masuk,” tegasnya.

Sosialisasi akan segera dilakukan sampai Erlan, jika Perda ini nanti tuntas. Agar masyarakat mengetahui, sebelum Perda ini diberlakukan. Selain itu ucapnya juga akan menyurati perusahaan, menyampaikan perda ini. Agar semua mentaati dan melaksanakan.

“Termasuk nanti para toke-toke sawit, pemilik kuari atau tambang galian C. Semua akan kita surati, mensosialisasikan Perda tonase ini,” pungkasnya. (R)

Penulis : Rifki

Editor : Melinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.