Siswa SMA Bengkulu Panjat Tiang Karena Tali Bendera Putus Saat Upacara Bendera Tuai Pujian

0

Bengkulu Tengah, dclick.id – Sebuah video unik beredar di jejaring media sosial, memperlihatkan aksi seorang siswa SMA Negeri 5 Kabupaten Bengkulu Tengah memanjat tiang bendera di tengah upacara bendera. Aksi itu dilakukan sang pelajar, karena tali bendera terputus saat momen pengibaran bendera.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, video itu tayang di akun Facebook milik Sekkab Pemkab Bengkulu Tengah, Rachmat Riyanto. Terlihat, saat pasukan pengibar bendera menarik tali di tiang, tali atas bendera terlepas, sementara saat yang sama tali tiang bendera tersangkut. Pemandangan itu terjadi saat lagu Indonesia Raya telah berkumandang. Di tengah kondisi tersebut, tiba-tiba salah seorang siswa peserta upacara berlari ke tiang bendera, mengikat tali bendera yang terlepas lalu memanjat tiang bendera, hingga naiklah bendera merah putih

Aksi siswa tersebut kontan menuai pujian dan tanggapan positif netizen. Peristiwa itu terjadi di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah saat upacara Senin (13/11/2023). Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah, Aprianto, saat dihubungi Kompas.com  membenarkan kejadian itu. “Iya itu terjadi pada Senin (13/11/2023). Ada masalah pada tali bendera.” “Saat itu muncullah seorang siswa, namanya Rizki Muhammad Effendi yang duduk di bangku kelas XII IPS 2.” “Kebetulan hari itu Sekkab Bengkulu Tengah, Pak Rachmat Riyanto berkunjung lalu kami daulat sebagai inapektur upacara,” kata Aprianto. Menurut Aprianto, Rizki memang purna paskibra Kabupaten Bengkulu Tengah. Sikap yang dilakukan Rizki, kata Aprianto, sangat membanggakan sebagai bentuk cintanya pada Indonesia. “Ini sikap yang membanggakan,” tegas Aprianto. Senada dengan itu, Rachmat Riyanto yang secara kebetulan menjadi inspektur upacara itu, turut mengapresiasi aksi heroik Rizki menyambungkan tali bendera yang putus ini.

“Kami apresiasi aksi heroik Rizki Muhammad Effendi ini, sehingga pengibaran bendera dapat dilanjutkan dan merah putih pun berkibar.” “Insiden tali bendera putus ini sudah banyak terjadi, jadi tidak ada yang disalahkan dalam insiden ini,” ujar Rachmat lagi. Kedatangan Sekkab Bengkulu Tengah ke SMA Negeri 5 dalam agenda pembagian KTP Elektronik kepada pemilih pemula. Kesempatan ini pula yang membuat Sekkab menjadi inspektur upacara di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah.

Sumber : Kompas.com

Editor : Putri

Leave A Reply

Your email address will not be published.