Sekdis Dikbud Buka Workshop Makin Cakap Digital Bersama Duta Milenial

0

Bengkulu, dclick.id – Duta milenial di Provinsi Bengkulu diminta menjadi perpanjangan tangan untuk membantu literasi digital yang cakap dan bijak di tengah-tengah masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Syahjudin dalam workshop ‘makin cakap digital bersama duta milenial guna menjadi generasi aman dan berbudaya’ di ruang digital Universitas Dehasen, Sabtu (27/08).

Sekretaris Dinas menyampaikan sangat mendukung dan mengapresiasi semua kegiatan-kegiatan positif khususnya dari Pemuda Bengkulu terutama para generasi muda memiliki pemahaman bagaimana belajar berprilaku dalam dunia digital dan tidak terjerumus dengan ikut menyebarkan hoaks.

“Kami sangat mendukung peran pemuda dalam program positif untuk bisa menyampaikan informasi seputar digital kepada masyarakat. Khususnya bagaimana mengajak agar semua pengguna digital bisa lebih bijak,” kata dia.

Syahjudin mengungkap peran duta milenial yang mendiami berbagai sektor strategis dinilai efektif untuk bisa menyampaikan dan mengedukasi masyarakat akan ekosistem digital.

Selain itu, tingginya arus informasi digital harus disikapi dengan literasi yang bijak sehingga kita yang mendominasi penggunaan media sosial dapat terhindar dari hoaks, misinformation dan ujaran kebencian.

Syahjudin mengungkap literasi digital adalah kecakapan yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini duta-duta milenial yang ada di sini bisa menjadi perpanjangan tangan agar sampai ke masyarakat supaya masyarakat lebih cerdas dalam berdigital,” ungkap Syahjudin. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.