Rio Ingatkan Hati-hati Menerima Hibah

0

BENGKULU, dclick.id – Polemik pemberian Hibah yang kerap dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) ke Instansi vertikal Kepolisian dan Kejaksaan juga mendapat sorotan oleh Tokoh Nasional, Patrice Rio Capella dalam diskusi bersama sejumlah awak media di Resto Muara Jenggalu belum lama ini.

“Kalau Hibah memang dibolehkan, namun hati-hati dalam memberi hibah ke institusi vertikal tersebut. Sebab kita lihat yang paling sering dapat misalnya Kepolisian (Polda) dan kejaksaan. Apalagi Di beberapa pertemuan saya sering diskusikan dengan beberapa Kapolda hati-hati dalam menerima hibah,” ucap Rio.

Selain itu ditegaskan Rio, instansi vertikal memiliki anggaran sendiri jadi kalau sering diberi hibah oleh Pemda dikhawatirkan ada overlapping anggaran. Apalagi hibah hal itu untuk rehab kantor Polda atau kejaksaan.

“Seperti rehab kantor Polda atau jaksa itu tidak wajib dari daerah, mereka punya anggaran sendiri dari pusat. Apalagi untuk daerah miskin ini tentu memberatkan. Makanya kita sering sampaikan hati-hati memberikan Hibah maupun yang menerima,” jelas Rio.

Rio menyarankan, yang terpenting dalam pemberian Hibah, lebih baik dialokasikan untuk pendidikan atau instansi vertikal yang memang memerlukan Hibah itu.

“Karena seperti kantor Bawaslu ataupun KPU juga membutuhkan, bisa diberikan Dana Hibah untuk perehaban kantor,” tuturnya. (**)

Penulis : Rifki

Editor : Melinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.