Regsosek 2022, Bappenas Pastikan Terwujudnya Sistem Satu Data Indonesia

0

Bengkulu, dclick.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan, Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 akan mewujudkan sistem satu data Indonesia untuk kebutuhan sosial dan ekonomi dalam jangka menengah dan panjang.

Perencana Ahli Utama Kementerian PPN/Bappenas, Tubagus Achmad Choesni yang hadir dalam Rapat Sosialisasi Pemanfaatan Data Registrasi Sosial Ekonomi dan Diseminasi Sepakat Provinsi Bengkulu mengatakan, selama ini data sebagai landasan dasar pembangunan dan penanggulangan kemiskinan di daerah belum memberikan perubahan signifikan sehingga diharap Regsosek ini menjadi solusi dari masalah yang ada.

“Kita tidak perlu data yang baik namun data yang akurat yang mencakup seluruh populasi. Jika selama ini data itu diambil dari mana saja lembaga berkepentingan, nantinya kami mau data Regsosek inilah yang dipakai sebagai acuan,” ujar Choesni, Kamis (03/10).

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal mengatakan, Regsosek hadir sebagai sebuah sistem dan basis data kependudukan yang mencakup profil, kondisi sosial dan ekonomi serta kesejahteraan penduduk.

Dilanjutkan Win, tujuan awal Regsosek ini adalah reformasi perlindungan sosial dan salah satunya adalah perbaikan basis data dimana seperti diketahui untuk bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat mereka memiliki data sendiri-sendiri yang akhirnya memiliki target sendiri-sendiri.

“Harapannya dengan Regsosek itu jadi satu basis data semua mengacu pada satu target. Misalnya butuh data seribu penduduk miskin nanti di Regsosek bisa di peringkat seribu dari terbawah sampai teratas jadi semua program melalui sasarannya itu,” jelasnya.

Selain itu, Regsosek sangat diperlukan untuk mendorong penurunan kemiskinan dan juga kemiskinan ekstrem. Dimana Regsosek diarahkan untuk menghasilkan perbaikan basis data penerima.

“Data yang tepat dan akurat menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah. Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga akan memperoleh gambaran berupa kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan dalam program pengentasan kemiskinan di Bengkulu,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.