Rafflesia Hasseltii Suringar Mekar Di Perkebunan Warga Desa Tanjung Gelang Kabupaten Rejang Lebong

0

Rejang Lebong, dclick.id – Bunga Rafflesia langka jenis Rafflesia Hasseltii Suringar mekar di perkebunan milik warga Desa Tanjung Gelang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sejak beberapa hari belakangan.

Ketua Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Provinsi Bengkulu Sofian Ramadan saat dihubungi di Rejang Lebong Selasa mengatakan, dari lima jenis bunga Rafflesia yang pernah ditemukan di Provinsi Bengkulu jenis Rafflesia Hasseltii merupakan yang sangat jarang ditemukan.”Sejak KPPL berdiri 13 tahun lalu, sedikit sekali bahkan tidak ada informasi terkait mekarnya Rafflesia Haseltii ini,” katanya.

Dia menjelaskan, Rafflesia Hasseltii ini terakhir kali ditemukan mekar di daerah Ketenon II Kabupaten Lebong. Puspa langka jenis ini jarang ditemukan mekar dan biasanya jika mekar di daerah yang sulit dijangkau atau berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).


Ditemukannya bunga langka yang mekar di Kabupaten Rejang Lebong ini, katanya, sangat luar biasa, terlebih lagi di kawasan perkebunan warga sehingga diharapkan pemilik lahan bisa menjaga habitatnya agar Rafflesia Hasseltii ini bisa terus mekar dan tidak punah.Iskandar, warga Desa Tanjung Gelang Kecamatan Kota Padang, pemilik lahan menjelaskan bunga Rafflesia Hasseltii tersebut diperkirakan sudah mekar sekitar lima hari dan baru diketahuinya pada Senin (13/11) kemarin.

Bunga Rafflesia Hasseltii itu sendiri, kata Iskandar sudah beberapa kali mekar di dalam kebunnya itu, namun dibiarkannya saja dan baru kali ini diabadikannya dengan menggunakan HP serta diposting di akun media sosial miliknya.

“Kebun itu sudah saya kelola sejak tujuh tahun alu. Lokasi kebun saya ini jauh dari permukiman warga, untuk sampai ke kebun ini harus berjalan kaki selama dua jam perjalanan,” kata Iskandar.

Sumber : AntaraBengkulu

Editor : Putri

Leave A Reply

Your email address will not be published.