Pemprov Harus Tegas, Gugat Perdata Jalan di Bengkulu Utara Rusak Akibat Aktivitas Pertambangan

0

Bengkulu, dclick.id – Rusaknya aset jalan provinsi sepanjang 3 kilometer terletak di Desa Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara yang digali karena ada kandungan batu bara di bawahnya membuat Penasihat Hukum pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu Jecky Haryanto, SH menyarankan dapat mengajukan Gugatan Perdata terhadap perusahaan dimaksud degan tujuan meminta ganti.

“Pemprov harus tegas, dengan mengambil langkah hukum. Sehingga tidak ada kesan membiarkan masalah aset jalan. Hal ini penting juga dilakukan sebagai bentuk ketegasan Pemerintah Provinsi terhadap aset-aset milik pemerintah provinsi,” ujar Jecky Haryanto, Senin (9/1).

Jalan provinsi itu aset publik yang dirusak dengan cara digali oleh perusahaan tambang yang diketahui milik PT. Injatama Mining. Dimana Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebelumnya memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk harus diganti sesuai dengan mekanisme dan hukum yang berlaku.

Hal tersebut juga dibenarkan bahwa perusahaan telah melakukan pengerusakan dan menyanggupi untuk mengganti jalan yang rusak tersebut.

Sementara itu, Kajati Bengkulu beberapa waktu lalu juga menegaskan akan mempidanakan pengusaha tambang tersebut jika dalam tempo dua bulan tak kunjung selesai perbaikan. Dan perusahaan tambang harus bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

Namun, Kajati kembali mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya batal untuk mempidanakan PT. Injatama Mining, karena pihak perusahaan akan mengganti Jalan Negara yang rusak akibat aktivitas pertambangan batu bara.

“Hingga saat ini, kasus ini masih dilakukan proses negosiasi antara perusahaan dengan pemerintah provinsi, selaku Penasihat Hukum Pemprov saya meminta segera menggugat perusahan tersebut,” tutupnya.(R)

Penulis : Rifki

Editor : Melinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.