Pemprov Bengkulu Serahkan Kartu BPJS Gratis Untuk Warga Kota Bengkulu

0

Bengkulu, dclick.id – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyerahkan langsung kartu BPJS Kesehatan gratis untuk warga Kota Bengkulu.

Dimana salah satu jenis kepesertaan BPJS Kesehatan adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dilansir dari laman BPJS Kesehatan, PBI merupakan layanan bagi peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu.

“Jika (peserta) termasuk ke dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) maka iurannya ditanggung oleh negara melalui pembiayaan APBN atau APBD alias gratis dan ini merupakan program dari pusat yang dilaksanakan oleh provinsi, kota dan kabupaten,” ujar Herwan, Jumat (9/9).

BPJS Kesehatan PBI juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang merasa keberatan dengan iuran BPJS Kesehatan Mandiri. Sebab, BPJS Kesehatan Mandiri mewajibkan pesertanya membayar iuran per bulan dengan nominal tertentu.

Masyarakat bisa beralih dari BPJS Kesehatan Mandiri ke BPJS Kesehatan PBI. Pilihan alternatif tersebut bisa menjadi solusi kepesertaan BPJS Kesehatan yang bersifat wajib bagi seluruh warga Indonesia.

Cara daftar BPJS Kesehatan PBI telah diatur dalam Permensos Nomor 21 Tahun 2019, pendaftaran peserta PBI BPJS Kesehatan. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.