Pemprov Bengkulu Raih Penghargaan Kategori Provinsi Terbaik Dalam Daya Saing Digital se-Indonesia

0

Jakarta, dclick.id – Pemerintah Provinsi Bengkulu dianugerahi penghargaan East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) kategori Provinsi dengan index daya saing digital tertinggi yang dipilih Katadata.co.id Insight Center (KIC) bersama East Ventures (EV) sebagai perusahaan modal Ventures terkemuka di Asia Tenggara.

Dikutip dari laman media swaranet, dalam hal ini Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Bengkulu M. Redwan Arif menerima langsung penghargaan EV-DCI dari Katadata.co.id pada acara Regional Summit 2022, di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

“Alhamdulillah Bengkulu meraih penghargaan EV-DCI 2022. Semoga Provinsi Bengkulu semakin baik dalam pelayanan publik berbasis digital dan masyarakat makin sejahtera,” ujar Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Redwan Arif usai menerima penghargaan.

Pada tahun 2022 Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan skor EV-DCI 2022. Dibandingkan dengan tahun 2021 Provinsi Bengkulu memiliki skor sebesar 31,3 poin dan pada tahun 2022 skor mengalami peningkatan menjadi 39,1 point sehingga membuat posisi Provinsi Bengkulu naik 7 peringkat menduduki nomor 12 dari 34 Provinsi se Indonesia.

Tim EV-DCI mengukur perbandingan daya saing digital 34 provinsi dan kota/kabupaten di Indonesia dalam bentuk indeks. Ini terdiri dari tiga aspek utama atau sub-indeks yaitu input, output dan penunjang.

Sub-indeks input itu dari pilar pembentuk yakni sumber daya manusia (SDM), penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta pengeluaran untuk TIK.

Untuk sub-indeks output dibentuk oleh pilar perekonomian, kewirausahaan, produktivitas dan ketenagakerjaan. Sedangkan sub-indeks penunjang dibentuk oleh pilar infrastruktur, keuangan, serta regulasi dan kapasitas pemerintah daerah.

Indikator yang menopang kenaikan indek skor itu yaitu rasio desa yang mendapatkan sinyal 3G dan 4G meningkat. Kemudian, digitalisasi UMKM turut mendongkrak daya saing digital.

“Dengan penghargaan ini tentu kita membuktikan bahwa Bengkulu sebagai barometer transformasi digital di Indonesia untuk program pembangunan berkelanjutan. Dan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas upaya keras Pemprov Bengkulu dalam mengejar level daya saing digital,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.