Pemerintah Kabupaten Mukomuko Promosikan Samba Lokan Dan Dendeng Jantung Pisang Dalam Pameran UMKM Merdeka Export 2023 Diselenggarakan Di Pusat Kota Malaka, Malaysia

0

Mukomuko, dclick.id – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana mempromosikan produk unggulan daerah berupa samba lokan dan dendeng jantung pisang dalam pameran UMKM Merdeka Export 2023 yang akan diselenggarakan di pusat Kota Malaka, Malaysia, mulai tanggal 7 hingga 11 Desember 2023.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, di Mukomuko, Senin, mengungkapkan, “Kami membawa dua pelaku UMKM, yakni Gibran Food dan dendeng Jantung pisang untuk mengikuti UMKM Merdeka Export 2023.”

Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini mengirimkan sebanyak 40 pelaku UMKM, termasuk 30 pelaku UMKM dari Kota Bengkulu dan masing-masing kabupaten, termasuk Kabupaten Mukomuko, akan mengirim dua pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut di pusat Kota Malaka, Malaysia.

Menurut Nurdiana, pihaknya juga akan memberikan dukungan kepada dua pelaku UMKM dari daerah ini yang akan berangkat ke Malaka, Malaysia, guna mengikuti UMKM Merdeka Export 2023. Namun, kapasitas terbatas di pameran tersebut membatasi jumlah produk kuliner yang dapat dibawa.

“Kami tidak dapat membawa banyak kuliner ke sana karena kapasitasnya terbatas, sehingga kami memutuskan untuk membawa kuliner dari Kecamatan Kota Mukomuko, yaitu samba lokan dan dendeng jantung pisang,” ungkapnya.

Nurdiana menjelaskan bahwa dua jenis kuliner dari daerah ini telah sering berpartisipasi dalam pameran kuliner baik di tingkat provinsi maupun nasional, dan pihaknya berharap agar kedua produk kuliner tersebut dapat dipromosikan ke tingkat internasional.

“Kami sering menampilkan dendeng jantung pisang dalam setiap pameran kuliner di tingkat provinsi dan nasional,” tambahnya.

Selain produk kuliner, instansi ini juga akan membawa batik tando pusako ke UMKM Export 2023 di Malaysia. Pameran ini akan berlangsung di Tun Fatimah Riverside Hotel, Jalan Munshi Abdullah, pusat Kota Malaka, Malaysia.

Penyelenggaraan UMKM Export 2023 awalnya dijadwalkan pada tanggal 9 hingga 13 November 2023, namun mengalami perubahan jadwal menjadi tanggal 7 hingga 11 Desember 2023.

Nurdiana berharap bahwa produk kuliner asli daerah ini dapat meraih ketenaran internasional melalui kegiatan UMKM Export 2023.

Sumber : AntaraBengkulu

Editor : Putri

Leave A Reply

Your email address will not be published.