Pemda Provinsi Bengkulu Tempati Urutan 17 se-Indonesia Pelayanan Publik Terbaik Hasil Penilaian Ombudsman

0

Bengkulu, dclick.id – Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman juga melakukan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu berada pada peringkat ke 17 dari 34 provinsi se Indonesia dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2022.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bengkulu Herdi dalam siaran pers pada Senin 26 Desember 2022 terkait kinerja Ombudsman Bengkulu tahun 2022. Ia menjelaskan bahwa tim keasistenan pencegahan maladministarasi memiliki 4 program unggulan yang berhasil dijalankan tahun 2022 yakni peningkatan kualitas pelayanan publik, edukasi pengawasan pelayanan publik, kajian pelayanan publik dan terakhir penilaian penyelenggaraan pelayanan publik.

“Dari hasil penilaian kami terdapat 1 pemerintah daerah dengan zonasi hijau dan opini kualitas tertinggi dimana Provinsi Bengkulu berada pada urutan ke-17 dari 34 provinsi, selain itu kita juga menilai pemda kabupaten, kantor pertanahan dan kepolisian resor,” ujarnya.

Dilanjutkan Herdi, bahwa untuk penilaian Pemda Kota Bengkulu mendapatkan nilai A dan berada pada urutan ke-34 dari 98 kota se-Indonesia yang memberikan pelayanan publik terbaik, sementara untuk pemerintah daerah kabupaten dengan pelayanan publik terbaik ada di Kaur dengan nilai A atau peringkat ke-41 dari 415 kabupaten se-Indonesia. Sementara itu ada dua kabupaten dengan nilai C atau kualitas sedang yakni Pemda Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Tengah selebihnya memiliki nilai B.

Dilihat dari penilaian kantor pertanahan di Provinsi Bengkulu dengan pelayanan publik terbaik ada pada Kabupaten Bengkulu tengah dengan nilai A, sedangkan Kabupaten Seluma dan Kepahiang masih mendapatkan nilai C masuk ke zona kuning selebihnya kabupaten lain sudah masuk kedalam zona hijau dengan nilai B.

Selain itu Ombudsman Bengkulu juga menilai 10 kepolisian resor di Provinsi Bengkulu dalam penyelenggaran pelayanan publik dimana Kepolisian Resor Kota Bengkulu sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik mendapatkan nilai A, sedangkan Kepolisian Resor Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah masih berada pada zona kuning dengan nilai C.

“Kita berharap tahun depan pelayanan publik pemerintah baik di pusat maupun daerah agar dapat semakin meningkat dari tahun 2022, tentunya perlu didukung dengan peningkatan SDM, saranan dan prasarana layanan, mekanisme complaint handling, serta peran aktif masyarakat selain sebagai pengguna layanan juga sebagai mitra dalam pelayanan publik,” tutup Herdi. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.