Onzaidi Minta DPRD Seluma Pecat Erwin Octavian Dari Jabatan Bupati Seluma

0

Seluma, Beritaterbit.com – Onzaidi melalui kuasa hukumnya menuntut agar Bupati Seluma, Erwin Octavian dipecat dari jabatannya. Sebab pemberhentian yang dilakukan terdapat banyak pelanggaran, yang dapat mengantarkan orang nomor satu di Kabupaten Seluma tersebut diberhentikan.

“Hari ini (4/3/2022) kita mendatangi DPRD Seluma menyampaikan hal ini. Saya tidak terima dengan pemberhentian ini,” ujar Onzaidi, ditemui di Sekretariat DPRD Seluma Jum’at siang (4/3/2022).

Dijelaskan Onzaidi, semua perintah yang ditujukan padanya semua telah dilaksanakan. Baik itu instruksi Kemendagri maupun surat pernyataan yang dikeluarkan Pemkab Seluma. Ombudsman pun menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah, sehingga pemberhentian yang dilakukan oleh Bupati Seluma adalah sepihak dan ini adalah pelanggaran.

“Tiba-tiba saya dipecat, jadi apalagi salah saya. Semua telah saya laksanakan, sesuai dengan pernyataan dan perintah,” kata mantan Anggota DPRD Seluma ini.

Perkara ini saya serahkan kepada kuasa hukum, ucap Onzaidi. Semua dokumen maupun berkas yang dibutuhkan telah diserahkan. Dirinya berharap pemberi keadilan akan memberikan keadilannya terhadap perkara ini.

“Saya tidak akan tinggal diam. Saya akan terus lawan,” tegasnya.

Sementara itu Kuasa Hukum Onzaidi, Hartanto mengatakan, keputusan yang dikeluarkan bupati dengan memecat Kades Padang Kelapo terdapat banyak pelanggaran hukum. Sebab perkara Kades Padang Kelapo telah incraht, seharusnya Bupati Seluma menggunakan azas Erga Omes yang artinya mengikat dan sifat hukumnya secara publik, maka berlaku pada siapa saja tidak hanya berlaku bagi pihak yang berpekara.

“Seharusnya bupati itu menjalankan, meluruskan peraturan perundangan yang berlaku. Dasar hukumnya telah kami siapkan, kami akan gugat ini,” sampai Hartanto.

Menurut Hartanto, prosedur pemberhentian Onzaidi hanya melaksanakan putusan incraht tanpa didasari aturan lainnya. Seharusnya pemecatan ini melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), namun tidak dilakukan oleh Pemda Seluma.

“SP 1,2 memang ada tapi ini telah kedaluwarsa. Lagi pula pemecatan ini tanpa rekomendasi BPD, jadi jelas melanggar,” tukasnya.

Bersama masyarakat Desa Padang Kelapo, lanjut Hartanto pihaknya meminta hak angket DPRD Seluma. Angket ini meminta DPRD Seluma memecat Bupati Seluma atas pelanggaran yang telah dilakukan ini.

“Kita sudah menghadap pimpinan DPRD. Dasar-dasar hukumnya telah kita berikan, kami minta hak angket ini. Saya yakin SDM DPRD Seluma, SDM berkualitas,” tuturnya.

Pihaknya juga akan menggugat SK Pemberhentian Kades Padang Kelapo ini ke PTUN, ucap Hartanto. Semua berkas yang diperlukan telah disiapkan, SK Pemberhentian jelas melanggar dan cacat hukum.

Terpisah Ketua DPRD Seluma, Nopi Eriyan Andesca menyampaikan, pihaknya akan segera menggelar rapat bersama fraksi, menyikapi permintaan angket Onzaidi ini. Angket ini meminta untuk memberhentikan Bupati Seluma dari jabatannya.

“Ya, suratnya telah kita terima. Terkait hak angket kita akan menggelar rapat dulu bersama fraksi,” demikian Nopi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.