Mutasi, Pemkab Seluma Melanggar PP 72 Tahun 2019

0

Seluma, dclick.id – Mutasi yang dilakukan Pemkab Seluma dinilai melanggar PP 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah. Mantan pejabat Seluma akan melapor ke Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dia adalah Syahrul yang sebelumnya merupakan Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Seluma. Syahrul dimutasi sebagai pelaksana di Kantor Camat Lubuk Sandi pada mutasi yang dilaksanakan Pemkab Seluma pada akhir Oktober 2021 lalu.

“Bupati dan Sekda melampaui wewenang, mencampuradukkan. Kemarin sudah dilaporkan ke DPRD, Provinsi, BKN, Mendagri, Ombudsman, juga ke KASN,” ujar Syahrul.

Syahrul menyatakan proses mutasi seorang Inspektur Pembantu (Irban) wajib mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Bengkulu. Sementara dirinya dimutasi ini, tanpa ada rekomendasi dari Gubernur Bengkulu.

“Sesuai PP 72 harus ada rekomendasi Gubernur. Ini juga sesuatu dengan surat edaran Mendagri tentang mekanisme pemberhentian dan pemindahan Inspektur dan Inspektur Pembantu,” jelas Syahrul.

Syahrul merasa tidak memiliki kesalahan yang membuat dirinya harus dicopot dari jabatannya. Posisi yang ditunjuk saat ini sangat tidak layak, sesuai dengan eselon yang dimiliki.

“Peraturan mana yang saya langgar? Waktu itu (sebelum mutasi) saya sedang Dinas Luar ke desa melakukan pemeriksaan, tahu-tahu besoknya dimutasi jadi staf di Kantor Camat Lubuk Sandi, lucu,” kata Syahrul.

Syahrul menambahkan, laporan proses mutasi ini telah disampaikan ke KASN bersama tiga mantan pejabat lainnya. Yakni Basriyah mantan Sekretaris BPBD yang dimutasi sebagai pelaksana di Kelurahan Babatan.

Lalu Novita Eka Erianti mantan Kabid Rehabilitas dan Kontruksi BPBD yang dimutasi sebagai pelaksana kantor Kecamatan Sukaraja dan Baharis mantan Sekcam Lubuk Sandi yang dimutasi sebagai pelaksana di Kelurahan Babatan.

“Harapan kami kembalikan seperti semula, mulai dari mutasi gelombang I sampai III. Kalau tidak dilakukan berati Bupati sudah melanggar undang undang dan sumpah jabatan. Perlu dicatat, kami tidak akan tinggal diam,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.