Menpora: DBON Bangkitkan Optimisme Pembangunan Olahraga Indonesia

0

Malang, dclick.id – Menpora Zainudin Ali mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam rangka pembukaan Porwanas XIII di Malang Jawa Timur bertempat di Graha Cakrawala, Kampus Universitas Negeri Malang (UNM) pada Senin malam (21/11/2022).

Dalam sambutannya Menpora menyampaikan optimisme yang tinggi akan pembangunan olahraga di Indonesia pasca telah ditetapkannya Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau disingkat DBON.

“Selama ini kita belum pernah punya desain tentang olahraga kita, 76 Tahun merdeka, baru sekarang hadir desain besar olahraga kita yang dipayungi Perpres Nomor 86 tahun 2021. Didalamnya terisi dari hulu ke hilir, hulunya adalah kebugaran, hilirnya adalah prestasi,” sebut Menpora Ali mengawali sambutannya.

Dalam ketentuan Perpres 86 Tahun 2021 menpora menjelaskan dimuat arah pembangunan olahraga secara tersistem, terstruktur dan berkelanjutan yang mengatur tentang olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan olahraga masyarakat.

Menpora melanjutkan bahwa apabila dijalankan dengan sebaik-baiknya maka Indonesia optimis bisa masuk ke 10 besar pada olimpiade pada tahun 2044 yang akan dating atau 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia 2045.

Selanjutnya Menpora juga menyebutkan bahwa olahraga juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh dengan penyelenggaraan piala dunia saat ini yang sedang berlangsung di Qatar, FIFA mengumumkan mendapatkan keuntungan sekitar 117 triliyun dari penyelenggaraan piala dunia.

“Olahraga juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi, kita baru saja membaca berita sebagai contoh pada pelaksanaan piala dunia saat ini yang sedang berlangsung di Qatar, FIFA mengumumkan mendapatkan keuntungan sekitar 117 triliyun dari penyelenggaraan piala dunia,” papar Zainudin Ali.

Kementerian Pemuda dan Olahraga menurut Zainudin Ali akan terus menggalang kerjasama dengan PWI dari tingkat pusat dan daerah bisa terus berjalan dengan baik dan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi Perpres 86 Tahun 2021 akan semakin massif di tengah masyarakat.

Selain itu, Menpora juga mengatakan peran para jurnalis, yang tergabung dalam PWI maupun SIWO PWI adalah bagian yang penting untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

“Saya meyakini itu, tanpa keikutsertaan dari teman-teman jurnalis, dari PWI, dari SIWO PWI, maka tidak mungkin Desain Besar Olahraga Nasional akan tersosialisasi ke seluruh pelosok tanah air,” tegas Zainudin Ali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.