Kesehatan Warga Sawah Lebar Bengkulu Terancam, Limbah Tinja Mengalir ke Pemukiman Penduduk

0

Bengkulu, dclick.id – Kondisi Kota Bengkulu saat ini dengan curah hujan yang tinggi membuat sebagian daerah di Kota Bengkulu mengalami banjir. Salah satunya di lingkungan RT 05 Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu tepatnya dibelakang Stadion Sawah Lebar yang merupakan tempat pembuangan tinja Kota Bengkulu.

Sukardi yang merupakan warga RT 05 sekaligus Ketua RT melaporkan dan merekam melalui kamera ponsel yang juga ikut menyaksikan air banjir, namun yang Dia sesalkan adalah lokasi pembuangan tinja hanya beberapa meter saja dari rumahnya. Hal tersebut tentu saja sangat menghawatirkan.

“Kabarnya disini nantinya akan dibangun tempat pembungan sampah oleh ibu Lurah dan Dinas Lingkungan Hidup, saat ini digunakan untuk lokasi pembuangan tinja. Setiap tahun selalu kebanjiran dan air selalu mengenang dan mengalir kemana-mana,” ujar Sukardil, Selasa (30/8).

Lebih lanjut sukardi mengatakan, hal tersebut tentu saja membuat dirinya dan warga sekitar resah. Pasalnya jika banjir datang, tidak hanya sampah yang akan menggenangi wilayah ini, namun tinja manusia juga akan ikut hanyut dibawa air banjir. Akibatnya warga yang rumah nya terendam banjir akan ikut terisi kotoran tinja.

“Semoga Pemkot ataupun pihak terkait bisa memberikan solusi, karena jika hal itu terus dibiarkan kesehatan masyarakat akan terancam, sudahlah kami kena musibah banjir ditambah lagi terkena penyakit,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.