Kanwil DJPb: 4 Kabupaten Nol Persen Salurkan BLT Dana Desa Triwulan Tiga

0

Bengkulu, dclick.id – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Bengkulu mencatat, ada 4 kabupaten yang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa masih nol persen. Kabupaten yang belum sama sekali melakukan penyaluran itu ada di Lebong, Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Rejang Lebong.

Kepala Kantor Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan mengatakan, bahwa penyaluran BLT desa diajukan untuk 3 bulan sekaligus atau per triwulan.

“Apalagi sekarang bisa sekaligus 3 bulan dicairkan sebesar 900 ribu, ini segera harus cepat dicairkan sehingga masyarakat bisa ada kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup,” ujar Syarwan, Kamis (18/8).

Dilanjutkan Kepala Kanwil DJPb, pihaknya masih menunggu sampai tanggal 23 Agustus 2022 sehingga berapapun jumlahnya segera ditagihkan dan akan diproses.

“Tolong untuk kepala desa bisa bergerak cepat, batas akhir ditunggu sampai tanggal 23 Agustus jam 15.00 WIB jangan sampe nanti gak bisa cair,” tegasnya.

Sementara itu, untuk kabupaten yang telah mencapai 100 persen dalam penyaluran BLT yakni Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara dan Seluma.

Komposisi penggunaan dana desa untuk tahun ini diatur dengan porsi sekurang-kurangnya 40% untuk keperluan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Selain itu, 20% untuk ketahanan pangan/hewani, 8% untuk penanganan Covid-19 dan sisanya sebesar 32% untuk prioritas pembangunan desa lainnya.

“Stimulus ini diharapkan dapat menjadi obat yang mujarab dalam mendorong pemulihan perekonomian,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.