Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Lakukan Pembinaan Kepada 45 Lembaga

0

Bengkulu, dclick.id – Kepala Kantor Bahasa Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd mengatakan pembinaan dan pendampingan bahasa Indonesia di Provinsi Bengkulu ini meliputi 15 lembaga pemerintahan, 20 lembaga pendidikan, dan 10 lembaga swasta.

“Kami telah mengambil data dari 45 lembaga, harapannya dari data awal yang sudah kami ambil akan diberikan masukan-masukan terkait dengan bahasa Indonesia yang sesuai kaidah,” ujar Laily di Hotel Mercure, Rabu (24/8).

Bahkan di tahun 2024 mendatang, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada 45 lembaga yang sudah berupaya dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar.

“Nanti selama tiga tahun dilakukan pembinaan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Nanti akan ada perbaikan dan yang terbaik akan diberikan penghargaan,” jelas Dwi Laily.

Adapun materi yang akan dibahas kali ini adalah bahasa Indonesia pada ruang publik termasuk foto-foto, dokumen khusus surat-surat termasuk surat dinas. Adapun pematerinya nantinya juga ada dari Dinas Pariwisata.

“Adapun juga akan menjadi pemateri adalah dari Dinas Pariwisata yang nantinya membahas dari kacamata swasta tentang penggunaan bahasa-bahasa di lembaga swasta yang ada di Bengkulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Pemprov Bengkulu Khairil Anwar mengatakan, bahwa ini upaya kita untuk bagaimana menjaga dan memelihara mengembangkan dan melindungi bahasa Indonesia sekaligus untuk memastikan ruang-ruang publik harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Karena ini adalah bahasa resmi kita dan kami minta nantinya kepada 45 perwakilan lembaga yang ikut pembinaan untuk berkewajiban menularkan kepada rekan kerjanya di unit kerja masing-masing,” terangnya.

Dilanjutkan Khairil bahwa nantinya unit kerja mereka nantinya sudah menggunakan bahasa yang benar, baik dalam dokumen maupun simbol-simbol yang akan digunakan nantinya.

“Seperti contoh yakni tulisan atau simbol Exit itukan menggunakan bahasa asing, sebaiknya diganti menggunakan kalimat Keluar dan dibawahnya dikasih tulisan kecil Exit dan cetak miring,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.