Kadis Dikbud Provinsi Kenalkan Program Sekolah Sehat di Bengkulu

0

Bengkulu, dclick.id – Dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat Germas di berbagai tatanan di daerah Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu kenalkan program Sekolah Sehat dalam acara yang diselengarakan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu di Hotel Nala Sea Side dari tanggal 12-14 September 2022.

Dikatakan Kadis, sekolah Sehat merupakan lingkungan dimana komunitas Sekolah berkembang, komunitas yang terdidik dan diharapkan bisa menjadi agen perubahan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Program Sekolah Sehat diharapkan dapat menggerakkan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Sehat dalam terlibat langsung untuk upaya promotif-preventif lingkungan sekolah,” jelasnya.

Eri mendukung langkah Dinas Kesehatan yang membantu dunia pendidikan di Bengkulu untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih. Langkah ini menurutnya, perlu dilakukan untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini.

Sekolah akan mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada kesehatan sehingga terciptanya masyarakat sekolah yang sehat, bugar dan produktif. Penerapan sekolah sehat dilakukan oleh masyarakat sekolah sendiri yang lebih memahami keadaan di sekolah.

“Sekolah sehat lingkungannya harus bersih. Tentu dengan dibarengi PHBS oleh guru dan siswa sebagai modal dasarnya,” kata Eri.

Perilaku PHBD yang mencakup antara lain mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, menggunakan jamban sehat, membuang sampah di tempat sampah, tidak merokok, tidak mengonsumsi NAPZA, tidak meludah disembarang tempat, meberantas jentik nyamuk dan lain-lain. Pembinaan PHBS dilaksanakan melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Acara ini dihadiri sekitar 62 orang dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Kepala Seksi Promkes dan PM, Kepala SMA/MAN/Sederajat, Guru UKS SMA/MAN/Sederajat se-Provinsi Bengkulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.