Kadis Dikbud Hadiri Rakor Pengembangan dan Pembinaan Kabupaten Tanggap Bencana Narkoba Provinsi Bengkulu

0

Bengkulu, dclick.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat menyampaikan terkait Strategi dan Kebijakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Lingkungan Pendidikan dalan Upaya Mewujudkan Sekolah Bersih Narkoba (BERSINAR).

“Regulasi tentang Pencegahan Pemberantasan
Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dalam dunia pendidikan antara lain Penentuan lingkungan sebagai sasaran pelaksanaan kegiatan pencegahan penyalahgunaan Narkoba, Pembentukan tim pelaksana pencegahan di lingkungan sekolah, Pembekalan tim pelaksana program di bidang pencegahan, Penelaahan permasalahan atau kebutuhan, Pembuatan rencana aksi, Pelaksanaan kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, serta Monitoring dan Evaluasi (pelaporan),” ujar Kadis Eri.

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa remaja
menggunakan narkoba, antara lain yaitu Perasaan Galau, Peralihan masa kanak/remaja ke dewasa, Pemberontakan, Separasi otoritas orang tua dan mencari identitas, Keingintahuan, Dorongan kuat untuk eskplorasi dunia sekitarnya, Tekanan kawan, Dorongan dari kawan yang memaksa untuk ikut mencoba.

Eri menjelaskan setelah mengenal faktor risiko, maka sebaiknya setiap orangtua dapat menilai dan melakukan observasi kepada putra-putri bila ditemukan suatu perubahan.

“Keterlibatan lingkungan pendidikan menjadi hal yang sangat penting karena sebagai tempat pengembangan karakter diri bagi generasi muda sehingga harus dibutuhkan lingkungan pendidikan yang sehat bersih dari narkoba,” jelasnya.

Perubahan yang timbul bisa dinilai dari gejala fisik/klinis, perubahan sikap dan perilaku atau
hal-hal lain yang berkait dengan masalah penyalahgunaan narkoba (ditemukan barang atau alat tertentu).

Setelah dilakukan observasi maka langkah selanjutnya melakukan intervensi dini agar tidak memperoleh kondisi yang telah dan akan terjadi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.