Jelang Akhir Tahun 2022 Pasar Panorama Bengkulu Disidak Disperindag dan Satgas, Ini yang Ditemukan

0

Bengkulu, dclick.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bengkulu bersama Satgas Pangan Polda Bengkulu melakukan inspeksi mendadak (sidak) menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 ke pasar tradisional Panorama Kota Bengkulu, Jum’at (23/12) pagi.

Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful berkeliling dan mewawancarai langsung pedagang di pasar dengan menayakan harga hingga stok sejumlah komoditi bahan pokok seperti telur, daging ayam, daging sapi dan beras, cabai, bawang.

Dari sidak tersebut, Yenita menemukan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan hingga 23 Desember 2022 diantaranya daging ayam ras dari Rp 33 ribu per kilogram pada awal Desember 2022 menjadi Rp 38 ribu per kilogram pada 23 Desember 2022.

Selain daging ayam, telur ayam ras juga tercatat mengalami kenaikan dari Rp 54 ribu per karpet menjadi Rp 60 ribu per karpet. Kemudian cabai merah dari Rp 31 ribu menjadi Rp 39 ribu per kilogram, cabai rawit dari Rp 42 ribu menjadi Rp 62 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp 35 ribu menjadi Rp 39 ribu per kilogram, dan bawang putih dari Rp 23.500 menjadi Rp 31 ribu per kilogram.

“Walaupun naik, kenaikan ini masih wajar, karena menjelang hari besar keagamaan biasanya memang harga bahan pokok naik. Ini lantaran kebutuhan meningkat tapi ketersediaan seperti biasa,” ujar Yenita, Jum’at (23/12).

Sementara itu, secara umum kenaikan harga bahan pangan pokok di Bengkulu tidak melebihi 10%, sehingga masih terjangkau oleh masyarakat. Bahkan pihaknya juga rutin melaksanakan operasi pasar di sejumlah wilayah di Bengkulu. Harapannya, melalui operasi pasar tersebut, harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan harga yang begitu tinggi.

“Kami juga bakal terus memantau soal harga agar tidak ada pihak-pihak yang bermain dalam menaikan harga seenaknya dan memberatkan masyarakat. Kita juga memprediksi kenaikan harga ini akan kembali meningkat hingga menjelang akhir tahun,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.