Honor Kegiatan Buka Tutup Kegiatan Walikota Bengkulu Tak Sesuai Permen dan Perwal

0

Bengkulu, dclick.id – Penetapan honor untuk kegiatan pembuka dan penutup yang dilakukan Walikota dan Wakil Walikota, diaturannya tidak sesuai antara Peraturan Walikota (Perwal) dan Peraturan Menteri (Permen) Keuangan. Honor yang di berikan antara 2 juta hingga 3 juta dalam sakali kegiatan.

Untuk menetapkan anggaran honor sudah diatur dalam Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 25 tahun 2021 tentang standar biaya pemerintah Kota Bengkulu tahun anggaran 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 60/PMK.02/2021 tentang standar biaya masukan tahun 2022.

Didalam Perwal Bengkulu di atur batas biaya maksimal dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (RKA-OPD) yakni honor untuk jadi Narasumber dari jabatan Mentri/Pejabat setingkat Menteri sebesar Rp. 1,7 juta sedangkan untuk Narsum dari Kepala Daerah/Pejabat setingkat Kepala Daerah Rp.1,4 juta, Pejabat Eselon I Rp. 1,2 Juta, pejabat Eselon II Rp. 1 juta dan Pejabat Eselon III kebawah sebesar RP. 900 ribu.

Sedangkan dalam Permen Keu diatur besaran maksimal yang disarankan Honor narasumber setingkat Menteri Rp. 1,7 Juta, Pejabat Eselon I Rp. 1,4 Juta, Pejabat Eselon II Rp. 1 Juta dan untuk Pejabat Eselon III kebawah disetarakan Rp. 900 ribu.

Honor tersebut bisa diberikan apabila pejabat tersebut memberikan informasi atau pengetahuan dalam kegiatan seminar, rapat, sosialisasi, deseminasi, bimbingan teknis, workshop, sarasehan, simposium, lokakarya, focus grup discussion dan kegiatan sejenis (tidak termasuk untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan).

Pemerintah Kota Bengkulu jangan terkesan asal-asalan dalam penetapan anggaran honor tersebut yang tidak sesuai dengan Permen dan Perwal yang telah ada dan juga harus transparan terkait pengeluaran anggaran honor buka tutup tersebut.

Seperti diketahui, bahwa kegiatan buka tutup dimaksud tersebut, setiap kegiatan acara seremoni yang digelar OPD di Lingkungan Pemkot Bengkulu ketika Walikota dan Wakil Walikota membuka acara maupun menutup acara kegiatan akan mendapatkan honor.

Terkait tidak nyambungnya antara perwal no 25 tahun 2021 dengan Permen Keu no 60/PMK.02/2021 tentang standar biaya masukan tahun 2022, anggota DPRD kota Bengkulu dari partai golkar (Yudi) menyampaikan bahwasannya kami sekarang sedang mempelajari masukan yang disampaikan oleh masyarakat Terkait anggaran biaya buka tutup kegiatan Walikota dan Wawali, Tutur Yudi. (Tim/rls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.