Hebat Lingkar Inisiatif Melalui Pendekatan Baru Bujuk Pemburu Harimau Sumatera Hingga Tobat

0

Bengkulu, dclick.id – Sebanyak 20 orang mantan pemburu Harimau Sumatera yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu menggelar deklarasi stop perburuan dan menyatakan komitmen untuk menjadi penjaga populasi harimau.

Ketua Yayasan Lingkar Inisiatif Indonesia Iswandi mengatakan, untuk mengumpulkan mantan pemburu Harimau Sumatera selama dua tahun kemudian dilakukan pembinaan secara rutin menjadi kunci untuk mendorong kesadaran para pemburu agar mau berhenti dari aktivitas berburu mereka.

“Kita lakukan melalui pendekatan kepada pemburu untuk bertobat, dan mereka akan deklarasi berhenti melakukan berburu harimau dan akan aktif dalam pelestarian populasi,” ujar Iswadi, Rabu (20/7).

Lanjut Iswadi, setidaknya saat ini sudah ada 20 orang berkomitmen untuk berhenti berburu Harimau Sumatera, dan kedepannya mereka inilah yang menjadi ujung tombak konflik satwa atau yang menghalau ancaman terhadap harimau dan mereka saat ini menjadi penjaga harimau.

“Kita optimis bahwa melalui pendekatan baru ini, bisa membantu meningkatkan populasi harimau. Tinggal lagi perharian negara kepada para pemburu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Mawi salah satu mantan pemburu Harimau Sumatera mengaku siap berkomitmen untuk menjadi penyelamat harimau. Ia tidak menampik, jika tindakan berburu harimau dahulu merupakan sebuah dosa.

“Saya siap membantu menyelamatkan Harimau Sumatera dan meminta para pemburu lain yang masih aktif untuk berhenti,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.