Hamka Sabri: Pastikan Dirut RSMY Segera Digaji Sesuai Aturan

0

Bengkulu, dclick.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan terkait nunggaknya pemberian gaji dan tunjangan untuk kalangan profesional direktur utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Yunus (RSMY) Bengkulu akan segera dibayarkan sesuai aturan yang berlaku.

Hamka mengatakan pihaknya telah menanyakan dan melakukan studi banding ke RS Hasan Sadikin di Bandung. Hal tersebut dilakukan untuk menetukan besaran gaji Direktur RSUD M Yunus. Karena Direktur RS Hasan Sadikin berasal dari non ASN.

“Karena di RS Hasan Sadikin Bandung itu direkturnya dari Non ASN, kita sudah terjunkan tim untuk berkunjung dan dengan Asisten 3 untuk menentukan besaran gajinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM menyarankan kepada pemerintah provinsi Bengkulu untuk segera memecat direktur Rumah Sakit Umum Daerah M Yunus Bengkulu (RSMY) jika tidak mampu membayarkan gajinya. Pasalnya tindakan tersebut merupakan perbuatan yang merugikan orang lain.

“Pecat bae kalo dia (pemprov) tak mampu gaji,” ujar Edwar di Kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (22/8).

Dirinya menyebut hal ini merupakan imbas dari tidak adanya kebijakan atau keputusan yang diambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sebelum lelang dan pengangkatan Dirut RSMY yang dilakukan sebelumnya.

“Seharusnya sebelum lelang jabatan Dirut dipikirkan berapa gaji yang harus diberikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika Pemprov Bengkulu tidak mengetahui besaran gaji yang harus diberikan dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena sudah ada peraturan dan kebijakan terkait gaji dan tunjangan yang diberikan untuk direktur rumah sakit.

“Jika tidak salah pemberian gaji ini sendiri regulasinya sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 361 tahun 2016. Disana sudah diatur besarannya termasuk untuk kalangan profesional,” ungkap Edwar. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.