Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi, Kadis Dikbud Bahas Strategi Peningkatan Budaya Gemar Membaca

0

Bengkulu, dclick.id – Pengukuhan pengurus Bunda Literasi Provinsi Bengkulu dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu masa bakti 2022-2024 dilakukan oleh Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah.

Pengurus Bunda Literasi Provinsi Bengkulu dijabat oleh Istri Gubernur yaitu Hj. Derta Wahyulin. Sementara Bunda Literasi Kabupaten/Kota dijabat oleh para istri Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat yang membahas tentang Strategi Peningkatan Pembudayaan Kegemaran Membaca Melalui Program Bunda Literasi/Duta Baca Daerah dan Pegiat Literasi Daerah.

“Dalam konteks penyelenggaraan Pemerintah Daerah salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah salah satunya ditentukan oleh seberapa besar capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index,” ujarnya.

Eri menyampaikan beberapa poin penting yaitu beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan gemar membaca yang Pertama, mengkampanyekan gerakan nasional gemar membaca diberbagai kalangan melalui kegiatan langsung maupun melalui media yang ada misalnya Literasi di lingkungan keluarga/masyarakat dengan
dibuatnya taman baca yang menarik.

Kedua mengoptimalkan pengelolahan perpustakaan desa salah satu contoh yaitu Perpustakaan Kerano Kuncoro di Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah mendapatkan penghargaan Gemilang Perpustakaan Nasional Kategori Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) pada September 2021.

Ketiga dengan melibatkan unsur pendidikan, perguruan tinggi yang mengadakan Seminar, Loka Karya, Workshop, Diskusi dll. Serta terakhir kita
dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana literasi dengan membuat konten-konten terkait literasi yang menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.