H Zulhanani (Bang Hans) Galang Remaja Perantauan Bengkulu Pelajari Tarian Budaya Adat di GBK Jakarta

0

Jakarta, dclick.id – Dalam rangka pengenalan budaya Bengkulu ke tingkat Nasional di Jakarta, bang Hans kali ini menginisiasi pertemuan anak-anak muda remaja perantaun di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pemuda pemudi remaja ini rata-rata sedang menjadi mahasiswa/wi di berbagai macam perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya.

Langkah positif yang dilakukan bang Hans sebagai putra daerah Bengkulu yang sudah lama berdomisili di Jakarta ini adalah untuk mempersiapkan Tarian Budaya Adat khas Bengkulu yang akan dipegelarkan pada saat “Car Freeday” di seputar Budaran Hotel Indonesia Jakarta pada tanggal 28 Agustus 2022 nanti.

Pada kesempatan itu nanti yang akan dipagelarkan pertama kali adalah “Tari Andun” dan “Tari Napa” serta “Tari Persembahan” yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Pada zaman dahulu tari-tari ini sangat populer dipagelarkan pada saat acara-acara Pesta Perkawin serta acara adat lainnya.

Dalam perencanaannya Pagelaran Budaya Bengkulu di seputar Bundaran Hotel Indonesia ini akan dilakukan secara terus menerus setiap 4 bulanan yang akan menjadi program BMMPB (Badan Musyawarah Masyarakat Provinsi Bengkulu) dan setelah budaya Bengkulu Selatan ini dipagelarkan akan menyusul budaya-budaya dari Kabupaten lain dari provinsi Bengkulu juga akan dipagelarkan pada periode selanjutnya.

Pada tanggal 28 Agustus 2022 itu nanti selain pagelaran budaya adat juga akan ditampilkan beberapa kedai makanan-minuman serta kerajinan khas Bengkulu. Acara ini nanti akan dirangkai juga dengan acara pentas kain Batik Besurek yang merupakan batik kebanggaan masyarakat Bengkulu yang dikemas dalam acara “Basurek Fashion Week”, mirip acara Citayam Fashion Week yang sedang trandi saat ini, yang akan dibawakan oleh ibu-ibu perantauan Bengkulu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Gubenur Bengkulu bapak Dr. Rohidin Mersyah, para bupati dari 9 kabupaten dan kota serta acaranya akan dibuka oleh Gubenur DKI bapak Anies Baswedan dan dihadri juga oleh bapak menteri Sandiaga Uno.

Semoga acara pengenalan budaya Bengkulu di tingkat nasional ini akan dapat menambah gairah masyarakat luas di Indonesia untuk dapat berkunjung ke Bengkulu hingga dapat menumbuhkembangkan kepariwisataan Bengkulu. (Jakarta, 7 Agustus 2022)

Leave A Reply

Your email address will not be published.