H ZULHANANI (Bang Hans) Beri Pembinaan Dan Pembekalaan Akan Konsep Dasar Ekonomi Kerakyatan Berbasis Syariah

0

Bengkulu Selatan, dclick.id – Sebagai Dewan Pakar Bidang EKUIN di DPP PKS Jakarta, bang Hans terus beri pembinaan serta pembekalan akan konsep-konsep dasar Ekonomi Kerakyatan berbasis Syariah dihadapan ratusan para ibu-ibu Majlis Taklim di Desa Ulak Lebar Masat, Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan.

Kehadiran bang Hans di desa Ulak Lebar ini mendapat sambutan hangat dari ibu-ibu Majlis Taklim yang bersal dari berbagai desa diseputar Kecamatan Pino yang dengan antusias untuk datang mendengarkan penjelasan bang Hans dan sekaligus untuk dapat bertatap muka langsung dengan Bang Hans yang akhir-akhir ini nama Bang Hans sangat viral di kalangan ibu-ibu Majlis Taklim seprovinsi Bengkulu.

Bang Hans menjelaskan bahwa menghadirkan nilai-nilai Islam dalam transaksi dagang/bisnis adalah merupakan konsep dasar dalam ekonomi syariah. Ada empat hal yang harus ada dalam ekonomi syariah yaitu : Tidak ada kepemilikan mutlak, dikerjakan secara berjamaah, menjamin kepemilikan umat dan hasilnya untuk kemaslahatan bersama.

Lanjut bang Hans memberikan paparannya bahwa ada 4 sifat dari Ekonomi Syariah yaitu : Kesatuan (Tauhid) artinya memadukan semua aspek kehidupan baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik, dll. Kemudian Keseimbangan (Equilibirium), artinya kondisi dimana penawaran dan permintaan berada pada posisi seimbang. Selanjutnya Kebebasan (Free will) yang terkendali dan yang terakhir adalah Tanggung Jawab (responsibility) artinya pemenuhan kewajiban bisnis secara hukum dan moral, dimaksudkan adalah agar hubungan jangka panjang antar pelaku bisnis akan dapat terjamin, sebagai contoh adalah CSR (Corporate Social Responsibility) pada perusahaan.

Sumber : Rilis

Editor : Putri

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.