Gubernur Rohidin Harapkan Profesi Satpam Semakin Sejahtera dan Dibanggakan

0

Bengkulu, dclick.id – Sebagai wadah utama bagi seluruh Satpam untuk dapat menyampaikan aspirasi dan meningkatkan kompetensi serta kualitas di bidang pengamanan, Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) khususnya di Bengkulu diharapkan bisa semakin memajukan sekaligus mensejahterakan Satpam, sebagai sebuah profesi yang diakui, dihormati dan dibanggakan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai hadir pada Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APSI Bengkulu Periode 2022-2027 di Ballroom Mercure Hotel Kota Bengkulu, Rabu (12/10).

“Dari sisi keprofesian tentu kompetensi mereka ini harus ditingkatkan agar profesi ini betul-betul memberikan manfaat dan dihargai masyarakat,” jelas Gubernur Rohidin.

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, di lain sisi sebagai sebuah bisnis khusus dalam hal pengamanan di mana juga telah diakui secara nasional dan di bawah naungan dan pengawasan Polri, tentunya APSI dan setiap manajemen pengelolaan Satpam harus minimal berkantor di Bengkulu.

“Hal ini agar bisa menggerakkan ekonomi daerah, di samping memberikan kesempatan dan ruang bagi putra daerah karena petugas Satpam akan lebih efektif kalau berasal dari daerah setempat dengan mengetahui lebih banyak kultur masyarakat dan wilayah lebih baik,” pungkasnya.

Ketua Umum DPP APSI A Aziz Said mengatakan, profesi Satpam saat ini sudah berada di bawah naungan Polri dan menjadi perpanjangan tangan Polri dalam hal pengamanan di perusahaan negara maupun swasta. Sehingga seluruh jajaran yang dilantik haruslah optimal dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak dari Satpam terkait ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan Polri.

“Jadi perusahaan atau instansi serta lembaga pemerintah yang menggunakan Satpam sebagai pengamanan agar lebih memperhatikan kesejahteraan Satpam. Karena mengingat beban pekerjaan yang diemban juga berat dan berisiko,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD APSI Bengkulu M Siregar menyatakan pihaknya siap melaksanakan tugas yang diamanatkan DPP APSI, sekaligus bermitra dan bersinergi bersama pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kami DPD APSI Bengkulu siap menjalankan tugas organisasi dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas profesi dan kesejahteraan Satpam yang bersertifikat atau berijazah yang sah dari Polri,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.