Gemawasbi Soroti Pemkot Hibahkan Lahan 12 M ke Polda

0

BENGKULU, dclick.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menghibahkan lahan senilai Rp 12 miliar lebih ke Polda Bengkulu beberapa waktu lalu, kembali disorot berbagai kalangan. Kali ini datang dari Gerakan Masyarakat Pengawas Birokrasi (Gemawasbi) Provinsi Bengkulu.

Direktur Gemawasbi Jevie Sartika menyoroti proses hibah lahan Pemkot ke Polda yang dinilai cukup fantastis tersebut, apakah sudah melewati proses pembahasan didewan apa belum.

“Sebagai warga kota kita patut mempertanyakan dalam proses hibah lahan Pemkot ke Polda yang nilainya mencapai angkat 12 miliar itu apakah sudah sesuai ketentuan? Seperti melewati proses pembahasan dan persetujuan di dewan?, Karena jangan sampai hal ini menimbulkan polemik kepanjangan,” terang Jevi.

Dikatakan Jevi, informasi tentang Pemkot mengibahkan lahan senilai Rp. 12 miliar ke Polda tersebut justru diketahuinya dari sejumlah media.

“Ketika kita Masih dilanda suasana pandemi COVID. Seharusnya ada yang jauh lebih penting yakni memikirkan kepentingan rakyat, seperti lebih memikirkan bagaimana meningkatkan ekonomi rakyat dan mensejahterakan rakyat. Ketimbang mengibahkan lahan yang nilainya sangat fantastis itu,” jelasnya.

Selain itu lanjut Jevi, pihaknya akan mengagendakan melakukan hearing dengan DPRD Kota terkait mempertanyakan hibah lahan Pemkot ke Polda tersebut.

“Karena sampai saat ini lahan hibah itu juga belum tahu digunakan untuk apa. Makanya kita akan mempertanyakan hal ini lebih dalam,” tukasnya.

Seperti diketahui, dilansir Bengkulu Ekspress.Com, Pemkot Bengkulu mengibahkan lahan senilai Rp 12 miliar ke Polda Bengkulu. Sebelumnya, Polda Bengkulu telah menerima hibah lahan di kawasan Air Sebakul. Namun akhirnya hibah dialihkan ke lahan di Jalan WR Supratman tepatnya di samping KPU Kota Bengkulu.

Lahan seluas sekitar 2,3 hektar tersebut akan dimanfaatkan Polda Bengkulu untuk pembangunan Safety Driver Center atau tempat edukasi masyarakat dalam berkendara yang baik dan benar. Pengalihan lahan hibah dilakukan karena dinilai lokasi lebih representatif dan strategis sehingga mudah diakses masyarakat, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa hibah lahan tersebut sebagai salah satu upaya dari Pemkot Bengkulu untuk percepatan pembangunan di segala bidang guna mewujudkan kebahagiaan masyarakat.

“Pada kesempatan ini pemkot juga memberikan apresiasi kepada polda dan jajaran yang selama ini sudah menjadi mitra yang baik. Semoga ke depan semakin terjalin sinergitas yang baik, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Helmi, Selasa (03/08).

Sementara itu, Irjen Pol Drs Guntur S selaku Kapolda Bengkulu dalam menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Pemkot Bengkulu terkhusus Walikota Bengkulu yang telah membantu dalam menghibahkan lahan untuk pembangunan gedung Safety Driver Center.

“Tahun 2020 pemkot telah meghibahkan sebidang tanah kepada Polda Bengkulu yang terletak di jalan terminal Air Sebakul. Kemudian kita minta dialihkan ke Jalan WR Supratman Bentiring menimbang lebih representatif dan strategis sehingga mudah diakses masyarakat,” jelas Guntur.

Pihaknya mengharapkan dukungan penuh Pemkot guna memantau pembagunan gedung safety drive center. Kapolda mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada pemkot yang telah berkenan menghibahkan lahan dan semoga dengan dibangunannya Bengkulu Safety Drive Center dapat menurunkan angka kecelakaan di Kota Bengkulu. (**)

Penulis : Rifki

Editor : Melinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.