Dana Desa Tahap I Bukit Barisan Cair, Desa Suro Bali Belum Ajukan

0

Kepahiang, (dclick.id) – 19 Juni 2024 , Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I Tahun Anggaran 2024 untuk Desa Bukit Barisan, Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, telah cair. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kepahiang, Jono Antoni, S.Sos, M.Ap., pada Senin (10 Juni 2024).

Pencairan tersebut dilakukan setelah BKD Kepahiang menerima berkas usulan pencairan DD ADD dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang dan dinyatakan lengkap sesuai dengan prosedur dan ketentuan. Jono menjelaskan bahwa BKD Kepahiang langsung memprosesnya dan menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) pada Senin (10 Juni 2024).

“Untuk saat ini hanya tinggal Desa Suro Bali saja yang masih belum pencairan, karena memang berkasnya belum sampai ke kami. Sementara terakhir kali kami menerbitkan SP2D Desa Bukit Barisan yang berkasnya sudah lengkap dan sekarang, sudah bisa mereka cairkan,” ujar Jono.

Jono mengaku tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan Desa Suro Bali belum mengajukan pencairan DD ADD Tahap I ini. Ia menjelaskan bahwa keterlambatan pengajuan berkas pencairan tahap I ini akan berakibat pada pencairan tahap II.

“Karena mekanismenya memang harus dimulai dari pengajuan dulu, diverifikasi oleh kecamatan, verifikasi lagi oleh PMD, baru kemudian sampai kepada kami. Jika nanti berkas itu sudah lengkap, kami tidak akan menunda-nunda, hari itu juga akan kami terbitkan SP2D nya. Tapi kalau yang satu ini kan beda, memang pengajuannya belum ada, jadi tidak bisa kami cairkan,” jelas Jono.

Jono berharap Desa Suro Bali segera menyelesaikan proses pengajuan berkasnya agar pencairan DD ADD Tahap I dapat segera dilakukan.

Sebagai informasi tambahan, pada awal Juni 2024, terdapat dua desa di Kepahiang yang belum mengajukan pencairan DD ADD Tahap I, yaitu Desa Bukit Barisan dan Desa Suro Bali. Namun, Desa Bukit Barisan telah menyelesaikan prosesnya dan Desa Suro Bali menjadi satu-satunya desa di Kepahiang yang belum mencairkan DD ADD Tahap I Tahun Anggaran 2024.

 

Editor : Anggi

Leave A Reply

Your email address will not be published.