Bimtek Aplikasi Srikandi, Kadis Dikbud Harapkan ASN Berprogres

0

Bengkulu, dclick.id – Dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), diharapkan mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan Aparatur Sipil Negara, pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SRIKANDI yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu dilaksanakan pada tanggal 9 September 2022 di Ruang Sidang kantor Dikbud Provinsi.

Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, pada aplikasi terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

Adapun penggunaan aplikasi Srikandi sebagai aplikasi umum instansi pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan serta mengoptimalkan dalam melindungi kepentingan hak data rakyat.

“Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan bimtek ini dalam rangka Reformasi Birokrasi, mengasah dan memberikan kecakapan (skill) pada kita semua nantinya,” ujar Eri.

Digitalisasi ini bagian dari Reformasi Birokrasi, dan tentunya semua pegawai dapat mengakses dan menggunakannya semaksimal mungkin, sehingga kegiatan yang bersifat administratif dapat berjalan dengan lebih efisien, mudah-mudahan acara dapat berjalan sesuai maksud dan tujuan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

“Semua kita harus komitment tidak lagi menggunakan kertas meliankan menggunakan aplikasi ini ke depannya,” jelasnya.

Bimtek ini diikuti oleh beberapa orang ASN hingga THL yang perwakilan dari masing-masing bidang. Aplikasi SRIKANDI merupakan salah satu aplikasi umum yang ditetapkan oleh Kominfo RI dan telah dikembangkan oleh ANRI yang bertujuan Government to Government (GSG), untuk memenuhi kebutuhan surat menyurat dan arsip elektronik secara online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.