Bengkulu Hadiri Acara Tahunan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia ke-XXI 2022 di Kaltim

0

Bengkulu, dclick.id – Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Bambang Erawan S.Sos menyampaikan bahwa Provinsi Bengkulu ikut serta dalam kegiatan Temu Karya Taman Budaya (TKTB) se-Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (19/9/2022).

Provinsi Kalimantan Timur untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia. Dalam perhelatan akbar ke XXI ini bertema “Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku”.

Menampilkan beberapa agenda, diantaranya Rapat Kerja Kepala UPTD Taman Budaya se Indonesia, Parade/Devile Kendaraan Hias dan Pakaian Adat, Pergelaran Seni, Pameran Seni dan Exhibisi Mural, Dialog Seni, Pameran/Bazar Kerajinan, UMKM, Dekranas, PKK, Industri Kreatif dan Familiarization Tour (Famtour).

“Tim dari Provinsi Bengkulu sebanyak 17 orang, ada berbagai kegiatan diantaranya pertunjukkan seni dan budaya di arena panggung utama, gelaran teater dari perwakilan taman budaya se-Indonesia, bazar, dan Pameran Seni Rupa dimana kita berhasil mendapatkan juara 1,” ujar Bambang.

Lukisan bunga Rafflesia Arnoldi dalam pameran tersebut berhasil menarik perhatian dewan juri dan menjadi juara pertama dari sebanyak 53 karya dengan tema “Titik Balik”.

TKTB menjadi salah satu cara untuk mengimplementasikan pembinaan dan pengembangan objek kemajuan kebudayaan. Termasuk untuk memperkuat ketahanan budaya di Indonesia.

“Saya berharap kegiatan ini mampu jadi wadah silaturahmi dan menjadi tanda pengingat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, sekaligus menjadi komitmen pemerintah kita untuk melestarikan budaya,” jelas Bambang.

Dilanjutkan Bambang, diantara sekian banyak aset dan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia, seni budaya adalah salah satu aset yang hampir tak tertandingi oleh bangsa lain.

“Saya mengajak kita semua baik seniman, kritikus seni, masyarakat serta satuan kerja terkait untuk berperan aktif dalam mengoptimalkan fungsi Taman Budaya,” tutupnya. (R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.