18 Program Gubernur Bengkulu Bantu Rumah Nenek Upinah Tak Lagi Gelap

0

Bengkulu Selatan, dclick.id – Nenek Upinah (63), hidup tanpa listrik selama 4 tahun kebelakang usai dirinya ditinggal sang suami untuk selama-lamanya, dan ingin hidup mandiri tanpa tergantung dengan kehidupan anak-anaknya.

“Di sinilah aku tinggal di rumah kecil (ukuran 2×3) tanpa lampu. Untuk penerangan pakai senter itulah, tapi kini alhamdulillah sudah dipasang listrik dari pak Gubernur,” ujar Upinah.

Program pemasangan listrik gratis 450 VA merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur dan tahun 2022 ini direalisasikan untuk Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 25 RTM (rumah tangga miskin).

Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan, rumah nenek Upinah perlu mendapatkan perhatian. Dimana beliau hidup seorang diri di rumah tanpa adanya kamar mandi hanya sepetak kecil. Mungkin ke depan, akan diprogramkan kembali melalui dinas terkait untuk mendapat bantuan bedah rumah atau rutilahu.

“Kondisi nenek Upinah ini sudah janda dan hidup sendiri, kondisi rumahnya hanya petak kecil. Tanpa sumur, jika ingin mandi atau buang air harus ke sungai dahulu tentu kondisi ini sungguh memprihatinkan. Ke depan mungkin kita upayakan rumahnya untuk mendapatkan bantuan bedah rumah,” terang Gubernur.

Lebih lanjut, selain pemasangan listrik gratis Gubernur juga menyerahkan bantuan lainnya seperti tabung gas 3 kg, Alsintan (handsprayer), oksigen konsentrator dan kartu JKN KIS gratis untuk masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Tabung gas ini kita bagikan 100 unit untuk Bengkulu Selatan, adapun handsprayer untuk kelompok tani diharapkan dipergunakan dan dirawat dengan baik,” terang Gubernur.

“Dan untuk oksigen konsentrator untuk Puskesmas setempat dan akan dibagikan untuk 14 Puskesmas yang ada di Bengkulu Selatan. Dan terakhir kartu JKN KIS dapat digunakan secara gratis, bagi masyarakat yang belum memiliki kartu juga dapat menikmati. Cukup membawa KTP nanti petugas di Faskes setempat akan melayani,” sambung Rohidin.

Di samping itu, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengungkapkan kolaborasi antara Pemda kabupaten dan provinsi selama ini berjalan sangat baik. Oleh sebab itu, kami juga dari kabupaten akan terus berkoordinasi sehingga program yang berjalan saling beriringan.

“Alhamdulillah oleh-oleh bapak Gubernur untuk masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan sangat banyak hari ini. Semoga kedepan sinergi ini terus berlanjut,” pungkas Bupati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.